Minggu, 16 Oktober 2011

Alat Indera : Pengertian

Assalamu'alaikum .. Hi Whats Up?? Hope y'all Fine dong :)Yup, karena kebetulan besok ada pelajaran IPA (hehe...), so sekalian saya postingin dan nyari referensi dari yang lain juga bukan cuman buku IPA yang saya pegang sekarang ini hehe,
Well, selamat membaca, chekidot :D


Indera atau indria merupakan alat penghubung/kontak antara jiwa dalam wujud kesadaran rohani diri dengan material lingkungan. Dalam ajaran Hindu indria ada sebelas macam dan disebut sebagai eka dasa indriya.

Manusia sebagai salah satu anggota kelas mamalia mempunyai lima macam indera. Lima macam indera berfungsi sebagai alat sensor dalam bahasa Sansekertanya disebut panca budi indriya dan dalam bahasa Indonesia lebih dikenal sebagai panca indera yaitu:
  • Alat pembantu untuk melihat (mata), 
  • Alat pembantu untuk mengecap (lidah), 
  • Alat pembantu untuk membau (hidung), 
  • Alat pembantu untuk mendengar (telinga), 
  • Alat pembantu untuk merasakan (kulit/indera peraba).

Kelima indra tersebut berfungsi untuk mengenali perubahan lingkungan luar, oleh karenanya disebut eksoreseptor. Reseptor yang berfungsi untuk mengenali lingkungan dalam, misalnya nyeri, kadar oksigen atau karbon dioksida, kadar glukosa dan sebagainya, disebut interoreseptor.

Sel-sel interoreseptor misalnya terdapat pada sel otot, tendon, ligamentum, sendi, dinding saluran pencernaan, dinding pembuluh darah, dan lain sebagainya. Akan tetapi, sesungguhnya interoreseptor terdapat di seluruh tubuh manusia. Interoreseptor yang membantu koordinasi dalam sikap tubuh disebut kinestesis.

Indera merupakan "jendela" bagi tubuh untuk mengenal dunia luar. Selain itu, dengan reseptor-reseptor yang ada pada masing-masing alat indera, manusia mampu mengadakan respon yang dapat dipergunakan sebagai upaya proteksi terhadap gangguan-gangguaan dari luar tubuh.

Setelah sedikit penjelasan diatas mengenai Indera, sekarang marilah kita bahas satu per-satu untuk Postingan kali ini kita hanya membahas tentang Indera penglihat dulu ya ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar